BI Purwokerto Sosialisasikan QRIS

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKERTO, KRJogja.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto, dalam  waktu dekat akan menyosialisasikan penggunaan "QR Code Indonesian Standard (QRIS) kepada masyarakat di eks Karesidenan Banyumas. QRIS yang diluncurkan oleh BI pada tanggal 17 Agustus 2019 merupakan 'QR Code' untuk sistem pembayaran melalui aplikasi uang elektronik 'server based', dompet elektronik, atau 'mobile banking'.

Teknologi inui untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, serta memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan harapan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kami segera melakukan sosialisasi penggunaan QRIS kepada masyarakat di wilayah kerja KPw BI Purwokerto, yang meliputi eks Karesidenan Banyumas," kata Kepala KPw BI Purwokerto Agus Chusaini, Senin (19/8/2019) di kantornya.

QRIS diluncurkan BI sebagai upaya mengantisipasi kemungkinan terjadinya fragmentasi dalam sistem pembayaran yang kuat akan mengalahkan yang kecil sehingga mengakibatkan monopoli.

Nantinya dengan penggunaa QRIS, hanya ada satu "QR Code" dalam sistem pembayaran sehingga penyedia barang dan jasa atau "merchant" tidak perlu memiliki  berbagai jenis "QR Code" dari berbagai penerbit.

Dijelaskan dalam tahap awal, QRIS fokus pada penerapan "QR COde Payment" model "Merchant Payment Mode (MPM)" yakni penjual (merchant) yang akan menampilkan "QR Code" pembayaran untuk dipindai oleh pembeli ketika melakukan transaksi pembayaran. (Dri)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI