Binda Jateng Kembali Gelar Vaksinasi Pelajar

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, Selasa (04/01/2022), kembali menyelenggarakan vaksinasi massal dengan sasaran anak dan pelajar usia 6 hingga 11 tahun di tiga wilayah yakni Kabupaten Banyumas, Kota Semarang dan Kabupaten Grobogan dengan target 4.300 dosis vaksin.

Di Kabupaten Banyumas vaksinasi digelar di Balai Desa Gunungwetan dan Pendopo Kecamatan Jatilawang. Peserta vaksin berasal SD Negeri 1,2,3,4 Desa Gunungwetan, SD Negeri 1,2,3, 4 Jatilawang, SD Negeri Tanjungkulon, dengan total sasaran 1.211anak dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac.

Kepala Binda Jawa Tengah Brigjen TNI Sondi Siswanto, S.H, M.M, mengatakan selain di Banyumas pelaksanaan sentra vaksinasi didirikan di SD Pangudi Luhur Santo Yusup dan SD Marsudirini, Kota Semarang, Aula Desa Boloh Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan.

Menurutnya pemberian vaksin anak usia 6 hingga 11 tahun merupakan arahan Presiden Joko Widodo untuk melindungi anak dari penyebaran Covid-19, serta untuk mencegah penularan covid kepada anggota keluarga yang belum atau tidak dapat menerima vaksin.

“Binda Jateng melaksanakan vaksinasi terhadap anak dalam upaya membantu percepatan vaksinasi terhadap anak dan pelajar khususnya menjelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka,” kata Sondi.

Sondi, menambahkan pemberian vaksin untuk anak atau pelajar usia 6-11 tahun diberikan kepada daerah yang telah mencapai 70% untuk dosis 1 masyarakat umum dan mencapai 60% untuk lansia.

Perluasan pemberian vaksin terhadap anak dan pelajar bertujuan untuk semakin memantapkan terbentuknya kekebalan komunal di masyarakat. Vaksinasi dan penggunaan masker juga menjadi cara jitu mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia, tidak terkecuali varian Omicron yang massif tersebar belakangan ini.

Untuk itu Sondi mengharapakan meskipun anak dan pelajar telah divaksin, dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka, tetap menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. (Dri)

BERITA REKOMENDASI