BINDA Kembali Bantu Percepatan Vaksinasi di Banjarnegara

Editor: Agus Sigit

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Badan Intelejen Daerah (BINDA) Jawa Tengah Rabu (17/11) kembali menyelenggarakan vaksinasi massal terhadap pelajar, santri dan masyarakat secara door to door di Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan tersebut digelar dengan menggandeng Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

Sasaran vaksinasi BINDA Jateng di Kabupaten Banjarnegara kali ini meliputi Desa Mandiraja Wetan, Kertayasa, Kebanaran Kecamatan Mandiraja, kemudian di Desa Balun Desa Wanayasa Kecamatan Wanayasa. Di Mandijara Wetan, vaksinasi juga dilakukan secara door to door terhadap sejumlah warga lansia karena kondisinya tak memungkinkan mereka datang ke tempat vaksinasi massal.

Kepala BINDA Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto, S.H, M.M mengatakan, pada hari yang sama kegiatan serupa juga digelar oleh BINDA Jateng di Kabupaten Pekalongan. “Kami siapkan sebanyak 8.000 dosis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi di 8 titik lokasi di Banjarnegara dan Pekalongan,” ujarnya. Vaksinasi merupakan bentuk dukungan BIN terhadap upaya pemerintah mewujudkan kekebalan komunal/herd immunity pada akhir 2021.

Menurut Sondi, dipilihnya lokasi vaksinasi massal di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan karena capaian vaksinasi kedua wilayah masih dibawah capaian rata-rata Provinsi Jateng. Capaian Provinsi Jateng per 15 November 2021, dosis 1 sudah mencapai 66,16 persen, sedangkan Banjarnegara baru mencapai 48,82 persen dan Pekalongan 53,18persen.

“Hal ini menjadi pertimbangan BINDA Jateng memilih kedua wilayah tersebut, untuk pelaksanaan percepatan vaksinasi. Program Binda Jateng hingga akhir 2021 melaksanakan vaksinasi dengan target 11.500 dosis per minggu. Kami berharap langkah kami dapat membantu percepatan vaksninasi dan mencapai target vaksin dosis pertama sebesar 70 persen,” ujar Sondi pula.

BERITA REKOMENDASI