BNN Banyumas Rehab 56 Penyalahgunaan Narkoba

BANYUMAS,KRJogja.com- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Banyumas selama tahun 2020 melakukan rehabilitasi terhadap 56 orang penyalahgunaan narkoba.

Jumlah penyalahgunaan sebanyak itu jika dibandingkan dengan tahun 2019 atau sebelumnya mengalami penurunan dari sebelumnya 120 orang.

” Berkurangan penyalahgunaan narkoba yang direhab karena pada tahun 2020 ada pandemi Covid-19 sehingga membatasi BNN untuk melakukan screning terhadap penyalahgunaan narkoba akibat pembatasan tatap muka,” kata Kepala BNN Kabupaten Banyumas Agus Untoro, Selasa (29/12/2020) pada kegiatan press release akhir tahun di Kantor BNN Kabupaten Banyumas di Purwokerto.

Menurutnya dari 56 orang penyalahgunaan narkoba 80 persennya adalah remaja yang berusia 15 hingga 20 tahun, sedang selebihnya orang dewasa. Sedang jenis narkoba yang dikonsumsi oleh para penyelahguna kebanyak obat obatan.

Untuk pemberantasan dengan sasaran pengedar dan bandar ada empat tersangka yang ditangkap terdiri empat berkas yang sudah selesai ditangani. Sedang barang bukti yang berhasil disita sebanyak 50 gram sabu sabu. Para pelaku divonis bervariasi yakni 11 tahun, 8 tahun, 6 tahun, dan 6 tahun 6 bulan dengan denda Rp 1 miliar.

Agus Untoro, menambahkan dalam upaya pencegahan, pada saat dampak Pandemi Covid-19 mengalami kendala. Khususnya dalam sosialisasi atau penyuluhan tidak optimal adanya pembatasan tatap muka.

Meski begitu BNN tetap melaksanakan upaya pencegahan dengan meneterapkan protokol kesehatan dan virtual berdasarkan permintaan masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan sebanyak 81 dengan jumlah peserta 13.031 orang.(Dri)

BERITA REKOMENDASI