BPJAMSOSTEK Gandeng Kemenag Tingkatkan Perlindungan Jaminan Sosial Pekerja

Editor: Agus Sigit

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Sebagai upaya untuk meningkatkan optimalisasi perlindungan jaminan sosial bagi para pekerja sektor keagamaan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto, melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja sektor keagamaan Kementerian Agama Kabupaten Banyumas.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Kepala BPJAMSOTEK Cabang Purwokerto, Agus Widiyanto bersama dengan Aziz Muslim selaku Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas, di aula Kantor Kemenag setempat.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto, Agus Widiyanto, Rabu (13/7/2022) mengatakan bahwa adanya jaminan sosial ketenagakerjaan melalui BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud kehadiran pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat pekerja.

“Sehingga masyarakat pekerja dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang tanpa harus memikirkan risiko yang akan terjadi nantinya karena sudah terlindungi oleh BPJAMSOSTEK,” kata Agus.

Agus, menambahkan adanya Keputusan Menteri Agama RI Nomor 1069/2021 tentang pelaksanaan program perlindungan jaminan sosial bagi tenaga kependidikan, dan tenaga pendukung lainnya non ASN serta Surat Edaran Menteri Agama RI nomor 1/2022 ini memperkuat dasar atas kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama ini.

Kepala Kantor Kementerian Agaman Kabupaten Banyumas, Aziz Muslim mengatakan bahwa pada saat melaksanakan pekerjaan memang dibutuhkan perlindungan, dalam hal ini perlindungan dalam wujud jaminan sosial ketenagakerjaan.

Selanjutnya ia akan menindaklanjuti perjanjian kerjasama ini dengan membentuk tim dengan BPJAMSOSTEK yang nantinya akan menyampaikan terkait program jaminan sosial ketenagakerjaan beserta manfaat serta iuran yang akan dibayarkan nantinya.

“Jadi nanti Kemenag Kabupaten Banyumas dan BPJAMSOSTEK Purwokerto akan berkolaborasi untuk menindaklanjuti terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi non ASN yang ada di kabupaten Banyumas khususnya yang berada dibawah Kementerian Agama sehingga tidak hanya ASN yang mempunyai perlindungan masa depan akan kesejahteraannya dalam mencari nafkah,” kata Aziz.

Seperti diketahui Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan bentuk kepedulian dari Pemerintah yang diamanahkan kepada BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK untuk dapat memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Indonesia melalui 5 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan yang terbaru yaitu Jaminan Kehilangan Pekerjaan. (Dri)

 

BERITA REKOMENDASI