BPJS Ketanagakerjaan Hormati Putusan MK, Fokus Meningkatkan Pelayanan

Editor: Agus Sigit

PURWOKERTO, KRJogja.com – BPJS Ketenagakerjaan menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan pengalihan program Tabungan Hari Tua (THT) dan Pensiun untuk ASN dan TNI/Polri dari PT Taspen (Persero) dan PT Asabri (Persero) ke BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Berkaitan keputusan tersebut BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto, akan mengikuti kebijakan yang diambil Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Anggoro Eko Cahyo.

“Kami mengikuti kebijakan Direktur Utama BPJAMSOSTEK, dan fokus meningkatkan pelayanan serta kepesertaan Jamsostek di wilayah Banyumas, Banjarnegara dan Purbalingga dengan mengerahkan seluruh insan BPJAMSOSTEK yang berada di wilayah kerjanya untuk memberikan edukasi tentang manfaat dari program Jamsostek ke seluruh lapisan masyarakat pekerja, ” kata Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto, Agus Widiyanto, Kamis (21/10/2021).

Sebelumnya Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Anggoro Eko Cahyo, dalam releasenya menyatakan sebagai pihak terkait, instansinya menghormati dan menerima putusan tersebut.

“Sebagai badan hukum publik, semua kegiatan operasional BPJAMSOSTEK tentunya berdasar pada regulasi, termasuk perubahannya, seperti putusan MK ini,” jelas Anggoro.

Ia menambahkan sesuai Undang Undang (UU) SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional) dan UU BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), dan regulasi pendukung lain seperti Perpres 109 tahun 2013 dan Inpres Nomor 2 tahun 2021, tetap fokus berupaya memperluas kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) kepada seluruh pekerja di luar kategori ASN dan TNI/Polri, termasuk di antaranya Pegawai Swasta, BUMN, Pekerja Informal, Pekerja Migran, Pekerja Sektor Jasa Konstruksi dan Pegawai Non ASN.

Perlindungan Jamsostek yang dilaksanakan BPJAMSOSTEK tersebut terdiri atas Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Kematian (JKM) dan yang terakhir Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Anggoro menambahkan, salah satu upaya pihaknya dalam memperluas kepesertaan adalah terus mengedukasi pekerja, pemberi kerja, dan stakeholder lainnya bahwa manfaat program Jamsostek sangat baik dan lengkap.

BERITA REKOMENDASI