BRI Apresiasi Jurnalis Lewat Lomba Reportase

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKERTO (KRJOGJA.com) – BRI Cabang Ajibarang memberikan apresiasi kepada wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Banyumas melalui event lomba penyusunan reportase. Empat juara mendapat hadiah penghargaan BRI, yang diberikan oleh Plt Bupati Banyumas dr Budi Setiawan di Ruang Joko Kahiman, Rabu (21/3/2018).
 
Plt Bupati menyambut baik kegiatan yang difasilitasi BRI, dan mengimbau perbankan maupun instansi lain yang ada di Kabupaten Banyumas untuk melakukan hal serupa. Lomba jurnalistik yang dikemas dalam kegiatan Study Trip Jurnalistik tersebut dilaksanakan pada Selasa (27/2/2018) silam.
 
Lomba tersebut diikuti oleh 24 orang jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik dengan objek pengrajin gula Jawa (gula kristal) yang ada di Desa Semedo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas.
 
“Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama yang sinergis antara kami, Humas Pemkab Banyumas, dan PWI Kabupaten Banyumas,” kata Pemimpin BRI Cabang Ajibarang, Rahadi Kristiyono.
 
“Ada sekitar 800 pengrajin gula kristal di Desa Semedo. Alhamdulillah, sebagian besar sudah menjadi nasabah BRI,” imbuh Rahadi.
 
Sejak empat tahun silam, kata Rahadi, pengrajin gula di Semedo telah beralih dari memproduksi gula cetak ke gula kristal. Selain lebih hiegienes, produk gula kristal juga memiliki nilai tambah. Dengan demikian, pengrajin pun diuntungkan karena harga gula kristal relatif lebih tinggi dibanding gula cetak.
 
“Study trip kemarin adalah langkah awal di tahun 2018. Semoga dapat ditiru oleh insatnsi-instansi lain dengan objek studi yang lain pula,” kata Kabag Humas Joko Wiyono.
 
Menurut Joko, di wilayah Kabupaten Banyumas masih banyak pelaku usaha mikro-kecil (UMK) yang perlu mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk publikasi melalui berbagai media yang ada.
 
Kepada para jurnalis yang telah mengirimkan karyanya ke Bagian Humas Pemkab setempat, kemudian diseleksi empat karya yang paling komprehensif. Keempat karya terbaik masing-masing mendapat hadiah sebesar Rp 2 juta (juara pertama), juara kedua (Rp 1,5 juta), juara ketiga (Rp 1 juta), dan juara keempat (Rp 500 ribu).
 
Juara pertama diraih oleh Sukirno Ari Nugroho dari Banyumas TV dengan karya berjudul Manggar-Manggar Manis dari Semedo. Adapun tiga juara lainnya adalah atas nama Ustad Mukorobin dari RRI Purwokerto (Manisnya Gula Kristal Semedo, Tanpa Pahitnya Bunga Rentenir), Agus Wahyudi dari Harian Suara Merdeka (Petani Penderes pun Pakai Kartu Elektronik), dan Driyanto dari Harian Kedaulatan Rakyat (Gula Kristal Semedo Go Internasional). (Dri)

 

BERITA REKOMENDASI