Bulog Diminta Tegas Terhadap Mitra Nakal

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA (KRjogja.com) – Badan Urusan Logistik (Bulog) diminta tegas terhadap mitra Bulog yang tidak bisa memberikan beras sesuai standar yang berlaku. Hal ini agar mereka tidak seenaknya karena nantinya masyarakat yang akan dirugikan.

"Bagi mitra yang bagus, pantaslah diberi penghargaan. Tapi kepada mitra yang melanggar, Bulog harus tegas memberikan sanksi dari yang ringan sampai penghentian kerjasama. Bulog harus berani karena pemegang otoritas," tutur anggota Komisi III DPR RI Taufiq R Abdullah, saat meninjau ketersediaan beras di Gudang Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) IV Banyumas di Kelurahan Karangsentul Kecamatan Padamara, Purbalingga, Rabu (03/08/2016).

Menurut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, kualitas beras dari masing-masing sangat mungkin berbeda. Karenanya, Bulog harus secara berkala melakukan evaluasi terhadap mitra-mitranya.

Taufik tidak menampik kesulitan Bulog dalam mendapatkan mitra. Bulog disarankan mencari solusi dengan menggandeng memprioritaskan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) karena dinilai lebih mudah.

Selain mengecek di gudang Bulog, Taufik juga menemui Kelompok Tani (Poktan) Toko Tani Indonesia (TTI) di Kemangkon, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) petani nanas, Asosiasi Agrowisata Petani Stroberi dan Glagah Arjuna di Karangreja dan Asosiasi Petani Lada di Kejobong. (Rus)

BERITA REKOMENDASI