Bupati Banyumas Pelopori Buat Genteng dan Paving dari Bahan Sampah Plastik

Editor: Ary B Prass

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Melatar belakangi banyaknya produksi sampah di Banyumas yang mencapai 60 ton perhari, Bupati Banyumas Achmad Husein memiliki ide untuk memanfaatkan sampah tersebut terutama sampai plastik.
Minggu (17/10/2021) Bupati Banyumas Achmad Husein di komplek rumah dinasnya di Purwokerto, memperkenalkan kepada wartawan memanfaatkan sampah plastik dibuat genteng, dan paving.
” Sebagai upaya mengatasi sampah, Pemkab Banyumas mengambil langkah untuk mengolah sampah plastik itu menjadi bahan baku pembuatan genteng dan paving,” kata Achmad Husein.
Menurutnya dengan menggunakan mesin pengolahan sampah plastik yaitu Hot Ekstruder plastik diolah sampai leleh.
Pada awalnya sampah jenis plastik itu, dibuat untuk papan taso, tapi hasilnya belum berhasil. Kemudian setelah melakukan riset dimanfaatkanlah sampah plastik itu menjadi genteng dan paving.
Selain untuk bahan baku genteng dan sampah Pemkab Banyumas juga sudah memanfaatkan sebagian sampah plastik terutama plastik kresek dapat menjadi campuran untuk bahan baku aspal plastik.
Karena  masih banyak plastik-plastik sampah yang belum dapat dimanfaatkan dan diolah untuk bahan baku genteng dan paving. Sebelumnya sampah plastik dibuat genteng dan paving sudah dipilah dengan mesin, baik itu organik dan anorganik.

BERITA REKOMENDASI