Bupati Banyumas Pimpin Gerakan Memungut Sampah

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKERTO, KRJogja.com – Bupati Banyumas Achmad Husein, mengarapkan Banyumas harus bebas dari sampah plastik. Harapan  itu disampaikan Achmad Husein, Sabtu (21/9/2019) saat memimpin gerakan pungut sampah di Alun Alun Purwokerto.

 

"Diharapkan, setelah gerakan serentak ini, terbangun kesadaran seluruh masyarakat Banyumas untuk membersihkan dan mengurangi sampah," kata Achmad Husein di sela sela memungut sampah di Alun Alun Purwokerto

Menurutnya dalam gerakan memungut sampah, bupati meminta untuk lebih ke fokus sampah plastik baru kemudian sampah lainya. Alasanya karena sampah plastik bisa membuat penyakit dan sulit membusuknya.

"Kalau di jalan-jalan biasanya yang banyak sampah plastik, melalui gerakan ini pula, saya mengajak masyarakat Banyumas untuk mengurangi sampah plastik, terus dikurangi penggunaan plastik hingga Banyumas bisa bebas dari sampah plastik,” pintanya

Ia, menambahkan pada gerakan memungut sampah ini, masyarakat Banyumas dari kota hingga ke pelosok desa, turun ke jalan untuk membersihkan sampah. Gerakan pungut sampah dengan slogan ‘Banyumas Kudu Resik’ ini, melibatkan berbagai elemen dari mulai pejabat hingga LSM, ibu-ibu PKK serta masyarakat desa.

Gerakan pungut sampah ini tidak hanya dilakukan di kawasan Kota Purwokerto, namun juga dilakukan serentak di 27 kecataman di wilayah Banyumas. Selain itu Pemkab Banyumas juga mengadakan lomba antar kecamatan untuk bersih-bersih sampah serentak.

Menurutnya kegiatan bersih-bersih sampah sudah rutin dilakukan setiap hari Jumat, namun perlu terus dibangun kesadaran untuk membersihkan sampah secara lebih luas, dengan melibatkan seluruh masyarakat.

Untuk wilayah Kota Purwokerto, kegiatan pungut sampah dilakukan mulai dari hutan kota di Karanglewas, kemudian menyusuri sepanjang jalan protokol Jenderal Soedirman hingga ke hutan di pinggir kota, Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan.(Dri)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI