Bupati Tiwi Serahkan Bantuan 10 Ribu Bibit Kopi ‘Pelunas Utang’

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) bersama Kepala Pusat Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Kementerian Pertanian Sudi Mardianto menyerahkan bantuan 10 ribu bibit Kopi Arabica kepada Petani Purbalingga. Penyerahan bibit kopi itu dilanjutkan dengan penanaman bibit tersebut.

“Semoga bantuan bibit kopi dari Kementerian Pertanian ini bisa memberikan manfaat bagi petani dalam meningkatkan perekonomian,” tutur Bupati Tiwi usai penanaman di Area Gardu Pandang Bukit Cemara, Dusun Gunung Malang, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Rabu siang (17/3/2021).

Tiwi menyebutkan industri kopi di Purbalingga mulai menggeliat dari hulu ke hilir. Ditandai dengan tumbuhnya petani-petani muda dan kedai serta cafe yang menyajikan kopi lokal Purbalingga. Bantuan bibit kopi dari Kementan diharapkan menambah maju dan berkembangnya industri kopi di Purbalingga.

“Berkembang dan menjadi produk unggulan yang meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Kepala Pusat Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Kementerian Pertanian Sudi Mardianto menuturkan, bantuan bibit Kopi Arabica itu berasal dari tanaman induk di Simalungun, Sumatera Utara. Yakni varietas Arabica Sigararutang yang kualitasnya sangat baik. Tanaman tersebut sudah mulai berbuah pada umur 2 tahun dan produktivitasnya tinggi.

“Kalau orang Simalungun bilang Sigararutang itu kopi yang bisa segera untuk membayar utang. Karena kalau sudah berbuah setiap minggu bisa dipanen,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI