Buron Sebulan, Pelaku Penganiayaan Ditangkap

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Sempat kabur dan bersembunyi selama hampir sebulan, RS (21) warga Desa Pelumutan, Kecamatan Kemangkon PurbaIingga diringkus petugas Satreskrim Polres Purbalingga, Sabtu (05/12/2020). Laki-laki lajang itu ditangkap di tempat persembunyiannya di kawasan Penjaringan Jakarta Utara.

“RS tersangka pelaku penganiayaan terhadap korban bernama Sarifudin (24) warga Desa Panican Kecamatan Kemangkon,” tutur Kabag Ops Polres PurbaIingga AKP Pujiono dalam keterangan pers, Rabu (16/12/2020).

Pujiono yang didampingi Kasat Reskrim AKP Meyan dan Kasubag Humas Iptu Widyastuti menyebutkan, tersangka bersama seorang kawannya menganiaya korban di depan pintu masuk Pasar Panican pada Minggu dini hari (22/11/2020) sekitar pukul 00.30 WIB. Tidak hanya memukul, tersangka juga menikam punggung korban dengan pisau kemudian pergi meninggalkan korban yang terkapar.

Akibatnya korban mengalami luka robek sepanjang 4 cm di punggung kiri dan mendapat 5 jahitan. Korban juga tidak bisa bekerja selama dua minggu. “Aksi pelaku dilatari dendam karena saudara kembarnya dihina oleh korban,” ujar Pujiono.

Berdasar laporan korban, polisi melakukan penyelidikan. Identitas tersangka berhasil diketahui namun saat akan di tangkap sudah kabur dari rumah. Setelah dua pekan, polisi berhasil mengendus persembunyian tersangka, ratusan kilometer dari Purbalingga dan menangkapnya. “Kami masih melakukan pengejaran terhadap satu tersangka lainnya yang turut serta dalam penganiayaan terhadap korban,” ujarnya.

Bersama tersangka diamankan pula barang bukti sebilah pisau dapur dengan gagang kayu yang sempat dibuang di area persawahan. Diamankan pula pakaian milik korban dan pelaku yang dipakai saat kejadian. “Tersangka dikenakan Pasal 170 ayat (2) dan atau Pasal 351 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun,” ujar Pujiono. (Rus)

BERITA REKOMENDASI