Candi Darling Ajak Generasi Muda Konservasi Alam di Situs Sejarah

Editor: Agus Sigit

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) melalui gerakan berbasis digital Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan) mengajak generasi muda peduli lingkungan untuk melakukan penanaman di Kawasan Candi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Melalui kegiatan penghijauan ini, gerakan Siap Darling menciptakan ekosistem pelestarian lingkungan bersama mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan, dengan melakukan aksi penanaman secara berkelanjutan.

Menurut Director of Communications Djarum Foundation, Mutiara D Asmara, sejak diluncurkan pada 2019, gerakan Siap Darling telah menginisiasi aksi positif, yaitu Candi Darling lewat penanaman pohon dan semak berbunga di berbagai situs warisan sejarah. Diharapkan generasi muda dapat berkontribusi melalui giat pelestarian lingkungan dan sekaligus mencintai situs warisan sejarah Indonesia.

“Kami berharap gerakan menanam ini dapat menginspirasi serta melibatkan lebih banyak mahasiswa untuk lebih peduli pada lingkungan dan menjaga warisan sejarah dalam jangka panjang,” kata Mutiara dalam diskusi interaktif Peluncuran Virtual Penghijauan Kawasan Candi Dieng melalui Zoom, Rabu (06/07/22).

Hingga Juni 2022, gerakan Siap Darling telah melibatkan 2.352 Darling Squad dari 295 kampus di 203 kota/kabupaten. Dalam giat Candi Darling, Darling Squad terlibat aktif dalam konservasi alam dan penghijauan di berbagai situs warisan sejarah.

“Saat ini kami telah menginsiasi penanaman di delapan kawasan candi yang tersebar di Pulau Jawa. Secara khusus dalam kegiatan di Kawasan Candi Dieng ini, kami menghijaukan seluruh area sekitar candi yang terkenal kaya akan keragaman geologi, keanekaragaman hayati, dan situs warisan sejarah,” kata Program Associate BLDF Abdurrachman Aldila.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jawa Tengah, Widi Hartanto ST MT menekankan pentingnya konservasi lingkungan dan situs warisan sejarah yang dilakukan secara beriringan oleh generasi muda.

“Merawat ekosistem di sekitar situs sejarah seperti candi adalah suatu upaya yang kompleks. Saya mengapresiasi upaya penghijauan ini sebab kita bisa melihat hasilnya dalam tiga bulan, dan juga dalam jangka panjang. Bila kepedulian terhadap lingkungan ini terus dipupuk, tentu aksi ini bisa menggerakkan masyarakat di sekitar tempat tinggal masing-masing,” ungkapnya.

Aksi kolaborasi gerakan Siap Darling untuk menanam di Kawasan Candi Dieng ini turut dihadiri Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah Sukronedi, Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji, dan Kepala DLHK Banjarnegara Ir Singgih Haryono. Dalam upaya penghijauan ini, ditanam 6.500 pohon dan semak berbunga di seluruh kawasan Candi Dieng, yang terdiri Candi Arjuna, Candi Setyaki, Candi Darmacala, dan Candi Bima. Setelah penanaman, BLDF akan merawat bibit tersebut hingga enam bulan untuk memastikan pertumbuhannya optimal.
(Bro)

BERITA REKOMENDASI