Cegah Omicron BIN-Pemkab Purbalingga Vaksinasi Boster

Editor: Ary B Prass

 

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Vaksinasi booster perdana di Purbalingga dilaksanakan di kompleks Pendapa Dipokusumo Purbalingga, Senin (24/1/2022). Sedikitnya 1600 orang ditarget mendapatkan vaksin Pfizer tersebut.

“Vaksinasi itu hasil Kerjasama Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jateng dengan Pemkab Purbalingga” tutur Kepala Binda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto, Senin siang dalam pesan singkat melalui ponsel (24/1/2022).

Vaksinasi booster, lanjut Sondi, merupakan amanat presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan daya tahan masyarakat tahan terhadap ancaman mutasi covid-19. Target vaksin booster meliputi masyarakat berumur 18 tahun ketasa dan minimal telah mendapatkan vaksin lengkap enam bulan sebelumnya.

“Vaksinasi booster diberikan gratis alias tidak dipungut biaya. Kepada masyarakat yang telah memenuhi kriteria diatas, dapat mendapatkan informasi ke faskes (Fasilitas Kesehatan) terdekat untuk mendapatkan vaksin booster,” ujarnya.

Sondi menambahkan, selain di Purbalingga, pihaknya juga melaksanakan vaksinasi booster di Semarang dengan taget peserta sekitar 200 orang. Disampig booster, Binda juga melakukan vaksinasi anak di Kabupaten  Magelang, Kabumen, Brebes, Tegal, Purbalingga, Banyumas, Pati, Grobogan, Boyolali dan Kota Semarang. Adapun target peserta vaksin dalam kesempatan ini sebanyak 13.000 dosis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga dr Jusi Febrianto menyebutkan, vaksinasi di kompleks pendapa itu sekaligus launching vaksi booster. Kendati  demikian, vaksinasi booster sebenarnya sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Sasarannya meliputi petugas pelayan publik, orang dewasa dan lansia. Saat ini capaiannya sudah 6.515 orang yang mendapat vaksin booster,” ujarnya. (Rus)

BERITA REKOMENDASI