Cilacap Miliki Laboratorium Sendiri, Waktu Tunggu Hasil PCR Kini Hanya 3 Jam

CILACAP, KRJOGJA.com – Kini Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Cilacap tidak lagi menunggu berhari-hari hasil lab swab atau PCR, menyusul telah selesainya pembangunan Laboratorium Biomolekular di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap. Bahkan laboratorium tersebut telah dilaunching Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, bersama anggota forkopimda lainnya pada, Kamis (08/10/2020).

Dengan sekali runingnya tiga jam, laboratorium itu bisa menyelesaikan 90 hasil tes pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction). Sehingga jika dalam satu hari dua kali runing maka ada sebanyak 180 hasil pemeriksaan PCR yang diselesaikan.

“Padahal dalam seminggu Cilacap ditargetkan melaksanakan tes PCR sampai 1700 kali atau dalam seharinya sekitar 242 lebih kali. Maka dengan telah memiliki Labolaboratorium Biomolekular sendiri akan mempersingkat waktu menunggu hasil lab tes PCR,” ujar Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Diakuinya, selama ini spesimen dari tes PCR di Cilacap harus dikirimkan ke laboratorium di RSUD Margono Purwokerto, RS Pertamina Cilacap, maupun laboratorium UGM Yogyakarta. Sehingga hasilnya pun baru didapatkan beberapa hari kemudian. Kondisi tersebut menjadi hambatan dalam pemetaan perkembangan Covid-19 di Kabupaten Cilacap.

BERITA REKOMENDASI