Delapan Rumah Rusak Diterjang Banjir Sungai Pelus

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Terjangan banjir Sungai Pelus mengakibatkan sebanyak delapan rumah di RT 4 RW 4 Kelurahan Arcawinangun Kecamamatan Purwokerto Timur, Banyumas, Jumat (18/12/2020) mengalami kerusakan. Kedelapan rumah warga Kelurahan Arcawinangun yang berada disebalah barat Sungai Pelus, satu rumah yang mengalami kerusakan terparah karena terbawa aliran sungai.

Akibat kejadian tersebut sebanyak 30 jiwa yang menghuni delapan rumah tersebut terpaksa harus mengungsi, dan sebagian berjaga jaga. Sejumlah korban juga masih trauma karena tidak menutup kemungkinan ada longsoran susulan.

Sukohartini (45) salah satu korban menjelaskan musibah berawal pada Kamis (17/12/2020) wilayah diguyur hujan deras yang mengakibatkan Sungai Pelus dengan hulu di Gunung Slamet banjir besar. Banjir Sungai Pelus ini menggerus, tebing sungai bagian barat, yang diatasnya terdapat delapan rumah milik warga.

Terjangan banjir menyebabkan tebing sungai yang ada disebelah barat longsor, sehingga membawa delapan rumah warga. “Longsor terjadi pada Kamis petang sekitar pukul 18.00 WIB yang diawali suara gemuruh, ” kata Sukohartini.

Korban lainya Narsih mengatakan sebelum bagian dapur rumahnya ambruk, terdengar suara gemuruh dari belakang rumahnya. Saat itu ia sedang menjalankan shalat magrib, sedangkan anak- anaknya berada di ruang tamu.

Sehingga seluruh anggota keluarga yang berjumlah enam orang selamat tidak jatuh ke sungai, akibat bagian rumah tergerus longsor. (Dri)

BERITA REKOMENDASI