Desa Diminta Siapkan Tempat Karantina Pemudik

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Semua Pemerintah Desa (Pemdes) di Purbalingga diminta menyediakan tempat karantina khusus bagi pemudik. Pembangunan tempat karantina itu merupakan tindaklanjut instruksi Gubernur Jateng. Tempat karantina tersebut dirancang untuk menampung pemudik atau Orang Dalam Pemantauan (ODP) selama 14 hari.

“Karena masa karantina sampai 14 hari, perlu disiapkan juga fasilitas MCK yang memadai,” tutur Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat memimpin rapat virtual dengan para Camat dan Kepala Desa (Kades) se-Purbalingga di Ruang Rapat Bupati, Selasa (14/04/2020).

Selama 14 hari, pemudik dan ODP akan ditampung di tempat karantina khusus agar virus yang kemungkingan terbawa tidak terlanjur meluas di rumah keluarganya yang ada di kampung. Sementara Kades dan Kepala Kelurahan harus masif memantau pemudik khususnya dari kota besar zona merah atau episentrum sebaran Covid-19.

Tiwi menegaskan, Dana Desa (DD) saat ini bisa digunakan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19. Antara lain untuk pembentukan posko gugus tugas, belanja disinfektan, dan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

BERITA REKOMENDASI