Di Banyumas Malam Idul Adha Tanpa  Petasan dan Takbir Keliling

Editor: Ary B Prass

BANYUMAS, KRJOGJA.com– Situasi malam menjelang Idul Adha 1442 H di wilayah Banyumas dalam kondisi tenang tidak ada masyarakat  yang membunyikan petasan dan takbir keliling.
Kapolresta Banyumas, Kombes Pol M Firman L Hakim yang duhubungi melalui Kabag Ops Polresta Banyumas, Kompol Aldino Agus Anggoro, Selasa (20/7/2021), mengungkapkan kondisi ini membuktikan bahwa masyarakat Kabupaten Banyumas, telah taat mengikuti anjuran pemerintah pada masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.
“Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada masyarakat Kabupaten Banyumas, karena malam Idul Adha tidak ada warga Banyumas yang melakukan takbir keliling dan tidak ada suara mercon yang terdengar. Sehingga malam Idul Adha dapat berjalan dengan tertib,” ujar Kabag Ops Kompol Aldino.
Ia menambahkan, selama malam Idul Adha Polresta mengerahkan sejumlah anggota untuk melakukan patroli, baik di wilayah perkotaan Purwokerto hingga ke wilayah pinggiran Kabupaten Banyumas.
Dijelaskan dari  laporan sejumlah anggotanya, dilapangan tidak ditemukan adanya perayaan berlebih. Meski demikian, pihaknya terus melakukan patroli, untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.
“Tidak hanya perayaan malam Idul Adha saja, kami juga melakukan pengamanan pada saat pagi harinya, dengan mengecek ke sejumlah daerah, terkait pelaksanaan sholat Idul Adha. Dari pantauan kami, masyarakat Banyumas sangat tertib mengikuti anjuran pemerintah,” katanya.
Selain itu, polisi juga melakukan pemantauan ke sejumlah daerah, terkait pemotongan hewan kurban. Kemudian  dari hasil pantauan pihaknya, masyarakat Kabupaten Banyumas juga melaksanakan pemotongan hewan sesuai anjuran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, yakni memotong hewan kurban di tempat-tempat yang disediakan. (Dri)

BERITA REKOMENDASI