Dikerjakan 18 Bulan, Pembangunan Masjid Wali Perkasa Selesai

PURBALINGGA, KRjogja.com – Pembangunan dan renovasi Masjid Jami Wali Perkasa di Desa Pekiringan Kecamatan Karangmoncol Purbalingga selesai dalam 18 bulan. Pembangunan masjid itu jauh lebih cepat dari perkiraan semula yang mencapai 3 tahun.

"Pembangunan dimulai Akhir Juni 2017. Pembangunan dihentikan pada Mei 2018 saat memasuki bulan puasa dan dilanjutkan usai idul fitri hingga idul adha," tutur Sayono, Ketua panitia pembangunan dan renovasi masjid tersebut, usai acara peresmian, Kamis siang (7/3/2019).

Pembangunan berjalan lancar, lanjut Sayono, karena pengumpulan dana melebihi target panitia. Dana yang diperlukan untuk pembangunan selama 3 tahun mencapai 3,2 Miliar.
"Dalam waktu singkat terkumpul dana Rp 2,6 Miliar," ujarnya.

Sayono menambahkan, dana pembangunan terkumpul dari swadaya masyarakat Desa Pekiringan, termasuk yang berdomisili diluar daerah sebesar Rp 1,2 Miliar. Ditambah bantuan Pemprov Jateng Rp 250 Juta, Baznas Jateng Rp 50 Juta.

"Ternasuk dari Pemkab Purbalingga dan PT Angkasa Pura masing-masing Rp 300 Juta dan donasi pihak lainnya," ujarnya.

Kendati sudah diresmikan, pembangunan masjid itu akan dilanjutkan. Yakni dengan pembangunan menara, tempat wudhu dan detail-detail lainnya.
Masjid Wali Perkasa didirikan oleh Syekh Wali Perkasa, seorang mubaligh yang menyebarkan Agama Islam di wilayah itu pada sekitar abad 15, hampir bersamaan dengan pendirian masjid Demak.

Desain interior masjid bernuansa Arab, sedangkan eksteriornya bergaya Jawa. Penggabungan dua macam arsitektur itu karena dalam syiar islam Syekh Wali selalu menggunakan kebudayaan Jawa.
"Alhamdulillaah, kami warga Desa Pekiringan bisa melestarikan dan merawat masjid peninggalan Wali Perkasa," ujarnya.  (Rus)
 

BERITA REKOMENDASI