Dindukcapil Musnahkan 12.025 KTP-el Invalid

Editor: KRjogja/Gus

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Sebanyak 12.025 keping KTP-el invalid dan rusak dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Banjarnegara Rabu (19/12). 
 
Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di dalam tong,  disaksikan oleh berbagai pihak diantaranya ketua KPU Banjarnegara Bambang Puji Prasetya dan ketua Bawaslu Banjarnegara, Sarno Wuragil. 

Kepala Dindukcapil, Imam Kusharto, mengatakan, begitu ada instruksi dari Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, agar KTP-el invalid dan KTP lama dimusnahkan, langsung ditindak-lanjuti.

Menurut Imam, KTP yang dimusnahkan merupakan KTP tidak berlaku karena perubahan status pemiliknya. "Misalnya status semula bujangan kemudian menikah, PNS pensiun, pindah alamat dan sebagainya. Ketika mereka membuat KTP baru, KTP lama kami tarik," katanya.

Menjawab pertanyaan wartawan berkaitan dengan perekaman KTP-el menjelang Pemilu, Imam mengatakan, hingga kini masih sekitar 54.000 pemilih belum melakukan perekaman.
"Kami masih terus bekerja keras menyasar mereka dengan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah dan turun ke desa," katanya.

Menurut Imam, Dindukcapil mengalami kekurangan blangko KTP-el. "Hari ini misalnya, stok tingga 500 keping. Tapi biasanya droping blangko segera datang setelah kami pesan," katanya pula. (Mad) 

 

BERITA REKOMENDASI