Dinnakerkop Luncurkan Aplikasi Perusahaan dan Ketenagakerjaan

Editor: Agus Sigit

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Untuk mewujudkan big data yang akurat, terbaru, serta dapat dipertanggungjawabkan, Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (7/9/2021) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Perusahaan dan Ketenagakerjaan Banyumas (Sipujamas). Aplikasi ini mengenai informasi perusahaan dan ketenagakerjaan.

Peluncuran aplikasi Sipujamas dilakukan oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono didampingi Kepala Dinnakerkop UKM Joko Wiyono di Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Terkaitan peluncuran aplikasi tersebut disambut baik oleh Wabup Sadewo Tri Lastiono. Menurutnya aplikasi tersebut sangat mendukung inovasi Sipujamas yang diluncurkan oleh Dinnakerkop UKM. ” Sehingga diharapkan akan terbentuk big data perusahaan dan ketenagakerjaan di Kabupaten Banyumas dengan berbagai perangkat pendukungnya,” ungkapnya.

Sadewo mengharapkan data yang dirangkum dalam aplikasi Sipujamas untuk disinergikan, disinkronkan, dan diharmonisasikan dengan data-data di instansi terkait lainnya agar.

“Jangan sampai ada data yang berbeda secara mencolok, yang membuat kita justru menjadi bingung dan sulit dalam mengambil keputusan akibat adanya perbedaan data,” pintanya.

Ia juga meminta Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas untuk lebih aktif jika ingin data yang disajikan Sipujamas benar-benar berfungsi.

Kepala Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas Joko Wiyono menambahkan keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan mengisi aplikasi Sipujamas terutama untuk melihat eksistensi perusahaan tersebut. Salah satunya adalah bentuk layanan yang berkaitan dengan hak-hak pekerja.

Joko menjelaskan di setiap perusahaan ada serikat pekerja. Jika nanti datanya sudah masuk ke Sipujamas akan terdeteksi, perusahaan itu ada organisasi mitranya atau tidak ada.

“Dalam aplikasi Sipujamas juga akan terdeteksi kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di masing-masing perusahaan,” ungkapnya. (Dri)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI