Disambar Petir, Kapal Motor Nelayan Cilacap Terbakar

Editor: KRjogja/Gus

CILACAP, KRJOGJA.com – Petir dengan kekuatan tinggi menyambar Kapal Motor (KM) Kartika Jaya milik Among nelayan Cilacap, yang tengah ditambat di Dermaga II Kolam Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC). Akibatnya kapal perikanan itu menjadi terbakar hebat hingga menghanguskan bodi kapal dan seluruh peralatannya termasuk sisa BBM jenis solar yang tersimpan di tangki kapal.

Besarnya kobaran api kebakaran itu membuat tim pemadam kebakaran gabungan Pemkab Cilacap dan Pertamina RU IV kesulitan memadamkan api. Apalagi bangkai kapal sudah dievakuasi ke perairan pintu masuk kapal dan mobil pemadam tidak bisa mendekat terhalang portal jalan. Sehingga petugas pemadam kebakaran memerlukan waktu 8 jam lebih untuk bisa memadamkan api yang membakar kapal perikanan itu.

“Api yang membakar kapal perikanan itu baru padam Rabu pagi, sekitar pukul 08.15,”ujar Kepala UPT Pemadam kebakaran Satpol PP Cilacap, Supriyadi, Rabu (17/02/2021). Menurutnya, sebenarnya api sudah bisa dikuasai dan dipadam pada pukul 05.00, namun ternyata sejam kemudian muncul kembali hingga pukul 08.15.

Darmin (58) warga perumahan nelayan PPSC mengatakan, Selasa malam, hujan ringan disertai petir melanda Kota Cilacap. Sekitar 15 menit kemudian, terlihat kilatan petir besar menyambar salah satu kapal yang tengah ditambat di Dermaga II PPSC. Seketika muncul asap putih dari kapal tersebut dan disusul kobaran api yang membakar kapal perikanan itu.

“Saya yang saat itu duduk di warung dekat dermaga II, bersama Sugiarto (27) langsung berupaya memutus tali tambat kapal. Kemudian mendorong kapal dengan sebatang bambu hingga ke tengah kolam pelabuhan,”katanya. Tidak lama kemudian datang kapal perikanan Berkah Melimpah 17 milik Aguan membantu menarik kapal yang terbakar itu ke perairan bebas sekitar pintu masuk kapal. Sehingga kebakaran itu tidak sampai merembet ke kapal lain yang ditambat di Kolam Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC).

BERITA REKOMENDASI