Dorong UMKM Go Online, Pemkab Purbalingga Gandeng Bukalapak

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Pemkab Purbalingga menggandeng perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia, PT Bukalapak untuk memperluas jaringan pemasaran produk UMKM di Purbalingga melalui pasar online. Kerjasama dalam program Tuka-Tuku itu diluncurkan di Taman Kota Usman Janatin Purbalingga dengan acara penandatanganan MoU, Sabtu sore (31/8/2019).

"Melalui pengembangan pasar online, produk UMKM Purbalingga diharapkan bisa semakin dikenal lebih luas," tutur Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi).

Tiwi menambahkan, program Tuka-Tuku merupakan sebuah platform yang digagas oleh Pemkab Purbalingga untuk membantu pemasaran produk UMKM. Pemkab juga akan memfasilitasi tampilan produk di etalase digital.

Pemkab juga menyediakan ruang pamer produk UMKM secara off line dan menyediakan gudang penyimpanan. “Termasuk fasilitasi packing, branding dan mendekatkan jasa pengiriman,” uajrnya.

Public Policy and Goverment Relations Manajer PT Bukalapak, Luciana Datu menyebutkan, pihaknya sudah banyak bekerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah. Tapi Pemkab Purbalingga yang pertama langsung mengoperasionalisasi dibawah dinas-dinas. Sedangkan di daerah lain, pelaku UMKM mengoperasionalkan sendiri-sendiri.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Purbalingga, Rizal Diyansyah menuturkan, kerjasama dalam program Tuka-Tuku itu dinilai sebagai langkah stratetis seiring meningkatnya tren masyarakat yang cenderung belanja melalui pasar online. Pada saat yang sama, produk UMKM di Purbalingga semakin variatif. (Rus)

BERITA REKOMENDASI