Drone Pemindai Suhu Tubuh Diluncurkan di Banjarnegara

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Lima pesawat drone dimodifikasi oleh Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara bersama Polres Banjarnegara sebagai pemindai suhu tubuh orang dari jarak jauh atau dalam kerumunan. Pesawat yang diberi nama Jatayu Drone Thermal itu diluncurkan di kompleks pendapa rumah dinas bupati, Senin (14/9/2020).

Alat tersebut dapat digunakan untuk memantau suhu tubuh sejumlah orang sekaligus yang terekam dalam kamera. Inovasi Jatayu Drone Thermal merupakan kali kedua yang setelah penemuan helm pemindai suhu yang diberi nama helm Gatotkaca Thermal hasil kerja sama RSI-Polres Banjarnegara, beberapa waktu lalu.

Menurut Kapolres Banjarnegara, AKBP Fahmi Arif Irianto, pemerintah telah mengeluarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disipilin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. “Bekait dengan upaya penegakan aturan tersebut, kami menjalin kerja sama dengan RSI Banjarnegara menciptakan alat untuk pengukur suhu tubuh. Kami didukung penuh oleh Pemkab Banjarnegara,” jelas AKBP Fahmi, Selasa (15/9/2020).

BERITA REKOMENDASI