Eks ISIS Bakar Paspor Artinya Keluar dari WNI

BANJARNEGARA,KRJOGJA.com -Anggota Komisi I DPR Taufiq R Abdullah mengatakan, ulah 600- ratusan WNI eks ISIS yang berada di Suriah membakar paspor, sama halnya dengan keluar dari kewarganegaraan Indonesia sekaligus melecehkan administrasi negara.

“Mereka bukan lagi warga negara. Secara pribadi, saya keberatan mereka pulang ke Indonesia,” katanya.

Politisi PKB tadi menyampaikan hal tersebut saat dimintai tanggapan berkait wacana memulangkan 600 WNI eks ISIS  di Suriah ke Tanah Air usai sosialisasi empat pilar kebangsaan di aula BLK Klampok Banjarnegara, Minggu (9/2). Sosialisasi diikuti sekitar 100 orang warga Kecamatan Susukan, Purwareja Klampok dan Mandiraja.

Menurut Taufiq, para WNI eks ISIS telah memilih ideologinya sendiri yang amat bertentangan dengan Pancasila dan menganggap Indonesia sebagai negara kafir, serta memutuskan untuk pergi dan keluar dari Indonesia untuk menempuh jalan surgawinya.

“Tetapi ketika mereka menderita, ada keinginan pulang ke Indonesia. Padahal ada problim, mereka sudah tak punya hak sebagai warga negara,” ujarnya.

Taufiq juga menyatakan ragu apakah para WNI eks ISIS bisa tobat setelah kembali ke Indonesia. Tidak mudah untuk mengembalikan mereka ke jalan yang benar. “Mereka tentu akan menimbulkan masalah. Maka secara pribadi saya keberatan kalau mereka pulang,” katanya pula. (Mad)

BERITA REKOMENDASI