Eks Warga Binaan Dilatih Penyulingan Minyak Atsiri

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Untuk memberikan bekal kertrampilan terhadap eks warga binaan, Balai Pemasyarakatan ( Bapas) Purwokerto bekerjasama dengan PT Dewara Nusa Jaya memberikan pelatihan penyulingan minyak atsiri di Desa Kedungrandu Kecamatan Patikraja.

Peresmian pengoperasian pabrik penyulingan tersebut dilakukan, Senin (24/8/2020) oleh Kepala Bapas Kelas II Purwokerto Edi Suwarno, didampingi Direktur PT Dewara Nusa Jaya Wahyu Baharudin, dan Kepala Lapas Purwokerto Ismono.

Edi mengatakan, pemberian bekal penyulingan minyak atsiri ini merupakan bagian dari program kemandirian klien pasca menjalani masa hukuman. Tujuannya untuk bekal saat mereka kembali ke masyarakat memiliki ketrampilan atau siap bekerja, supaya tidak selalu mendapat stigma negatif dari masyarakat.

“Harapannya setelah mereka mengikuti pembimbingan penyulingan ini memiliki bekal dan syukur-syukur bisa direkrut sebagai pekerja di sini. Mereka juga bisa belajar menanam serai,” katanya

Edi, menambahkan di wilayah karesidenan Banyumas terdapat 1005 orang yang menjadi binaan atau klien Bapas Purwokerto.

“Di Banyumas ada 370 orang klien, mereka sebagian kita karyakan untuk terlibat dalam produksi rumah suling sereh wangi,” kata Edi

Wahyu Baharudin selaku Direktur PT Dewara Nusa Jaya mengatakan, lahan milik Lapas di Kedungrandu, Patikraja yang dikelola seluas 3,6 hektar.

Lahan tersebut sudah ditanami sereh wangi. Tahun pertama bisa panen 3 kali. Untuk Per 1 hektar bisa menghasilkan 10 ton daun basah. Di tahun kedua meningkat 15 ton sampai 20 ton per panen, dan bisa panen hingga 4 kali.

Penyulingan sereh di Desa Kedungrandu Patikraja merupakan penyulingan skala kecil, dengan kapasitas 500 kg untuk satu kali masak.

“Minyak yang dihasilkan kami kirim ke Jakarta untuk kebutuhan manufaktur. Minyak tersebut untuk bahan dasar untuk pembuatan berbagai bahan baku, seperti minyak aroma terapi, karbol, dan kosmetik,” ungkapnya.

Minyak tersebut juga dikirim ke Kemenhukham yang selanjutnya untuk diproduksi oleh warga binaan yang ada di Lapas.(Dri)

BERITA REKOMENDASI