Gerakan Berbagi Nasi Bungkus Marak di Purbalingga

Editor: KRjogja/Gus

“TIGA perkara siapapun yang ada padanya kelak akan dinaungi oleh Allah Swt di bawah Arsy-Nya pada hari kelak tiada ada naungan kecuali naungan Nya yaitu berwudhu pada cuaca dingin, mendatangi mesjid walau gelap, dan memberi makan orang yang kelaparan ”

Hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Abu Muslim itu disampaikan Agustianto, Ketua Ikatan Alumni SMPN 1 Purbalingga Tahun 1981 (Ilusi 81). Di alun-alun Purbalingga Jumat siang (21/2), Agus bersama sekitar 15 rekannya sesama alumni 81 SMPN 1 Purbalingga tengah berderma. Ratusan nasi bungkus ditata di atas sebuah meja. Tidak jauh dari meja itu, terpampang banner

berwarna dasar hijau dengan tulisan Jumat Berkah Ilusi 81 Nasi Gratis.

Tulisan Nasi Gratis supaya warga yang membutuhkan tidak ragu-ragu mengambil. Sedangkan tulisan Jumat Berkah Ilusi 81 itu untuk pertanggungjawaban kepada rekan-rekan kami diluar kota.

“Karena sumber dana nasi bungkus itu dari donasi kawan-kawan Ilusi 81,” ujarnya.

Dari ratusan alumni SMPN 1 Purbalingga tahun 1981, direncanakan donasi akan terus mengalir bergantian. Sehingga distribusi nasi bungkus bisa dilaksanakan setiap hari Jumat.

Agus menyebutkan, Ilusi 81 bukan yang pertama menyelenggarakan kegiatan membagikan nasi bungkus gratis di Purbalingga. Sebelumnya kegiatan serupa sudah dilaksanakan oleh takmir masjid dan komunitas lain. Tidak hanya di Purbalingga tapi juga di daerah lain.

“Kegiatan yang diselenggarakan komunitas Ilusi 81 terinspirasi dari kegiatan serupa. Ya kami juga ingin ikut bersedekah walaupun sekadar dengan nasi bungkus,” ujarnya.

Pantauan KR, distribusi nasi bungkus sudah dilaksanakan di RSUD Goeteng Tarunadibrata. Sekelompok warga secara periodik dan terjadwal mengisi sebuah etalase di salah satu lorong rumah sakit dengan nasi bungkus.

“Nasi itu diperuntukkan terutama bagi penunggu pasien yang bisa saja tidak cukup punya bekal atau uang untuk membeli makanan,” tutur Mudijah, salah satu penggagas komunitas Sedekah Nasi Rombongan, yakni kelompok donasi nasi bungkus bagi penunggu pasien RSUD.

Pembagian nasi bungkus gratis juga dilakukan komunitas Ganesha 86, yakni kelompok alumni SMAN 1 Purbalingga angkatan 1986. Nasi bungkus gratis juga tersedia di Masjid Agung Darussalaam dan sebuah kios di Jalan Panjaitan yang disediakan setiap hari oleh seorang pengusaha mini market. (Rus)

 

BERITA REKOMENDASI