Hati-hati! Gadaikan Mobil Cicilan Bisa Masuk Bui

Editor: Ary B Prass

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Penggelapan barang ada banyak cara, tapi jangan sesekali Anda mencobanya, karena masuk bui adalah akibatnya. Sejauh ini memang masih terjadi pemahaman keliru dari masyarakat tentang hak dan kewajiban membayar kredit mobil.

Sebagian masyarakat menganggap bahwa memindahtangankan mobil yang belum lunas berarti tak perlu lagi membayar cicilan mobil. Padahal menggadaikan mobil yang masih dalam cicilan bisa masuk penjara.

Hal ini terjadi pada seorang warga berinisial RT seorang warga purwokerto. RT masuk penjara karena diduga melakukan penggelapan mobil Toyota All New Fortuner dengan cara menggadai tanpa sepengetahuan pihak Leasing Astra Credit Companies (ACC) cabang Purwokerto.

Atas perbuatannya tersebut, RT harus menghadapi tuntutan 1 tahun dan 6 bulan penjara dari Jaksa Penuntut Umum.

Kejadian ini bermula ketika RT mengajukan kredit mobil Toyota All New Fortuner ke sebuah perusahaan leasing di kota itu dengan tenor selama 30 bulan. Baru menginjak angsuran ke-12, ternyata RT mangkir membayar cicilan. Ketika petugas leasing ingin menarik mobil tersebut ternyata mobilnya sudah tidak ada.

BERITA REKOMENDASI