Hindari Listrik Padam, Industri di Cilacap ‘Hijrah’ ke Pelanggan Premium

CILACAP, KRJOGJA.com – Sejumlah industri besar dan menengah di Cilacap beramai-ramai beralih ke pelanggan premium silver, setelah adanya jaminan dari PLN, listrik tidak akan padam, kendati jaringan umum terganggu. Termasuk pula Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Karang Anyar, Nusakambangan, yang berteknologi tinggi dengan sistem pengamanan super maksimum sekuriti.

“Di lapas kami setiap hari terpasang 1.445 unit CCTV, karena one man one cell atau satu sel satu orang napi, sehingga membutuh listrik setiap saat,” ujar Kasubbag TU Lapas Karang Anyar Nusakambangan, Ari Adi Kurniawan di sela penyerahan Sertifikat 10 Pelanggan Premium di Cilacap, Senin (09/03/2020).

Maka jika terjadi gangguan listrik PLN, seluruh sistem pengamanan di lapas tersebut akan terganggu pula. Apalagi sampai listrik padam maka seluruh peralatan pengamanan pun tidak akan berfungsi. “Makanya kita minta dukungan PLN,” lanjutnya.

Hal senada diungkapkan, Sis dari Perumpam Tirta Wijayakusuma Cilacap. Untuk kelancaran produksi air bersihnya, sangat bergantung dengan kondisi aliran listrik PLN yang ada. “Listrik PLN padam maka terganggu pula produksinya di unit pengolahan air,” tambahnya. Menurutnya, pada gangguan listrik bum lama ini, pihaknya memperoleh untuk meminta kompensasi ke PLN, namun besarnya kompensasi yang diperoleh masih dibawah dana operasional jenset.”Karena untuk ganti biaya BBM, tidaklah cukup” ujarnya.

General Manager PLN Unit Distribusi Jateng dan DIY Feby Joko Priyatno mengatakan, pelanggan premium yang mendapatkan sertifikat, diantaranya, Perumdam Tirta Wijaya Cilacap, Lembaga Permasyarakatan Khusus Karanganyar, Fave Hotel Cilacap, Hotel Dafam Cilacap dan CV Lisna Jaya Cilacap. Selain itu pelanggan premium lainnya, yakni PT Pertamina RU IV Cilacap, Proyek Air Minum Pipa PDAM Kesugihan, CV Laksana Baru 1 (bioskop), dan 3 (swalayan), SPBU Cilopadang.

Menurutnya, sertifikat diserahkan sebagai apresiasi kepada pelanggan yang menikmati layanan prioritas. Selain itu juga apresiasi kepada pegawai PLN untuk terus meningkatkan pelayanannya. “Menjadi pelanggan prioritas ini banyak keunggulannya, diantaranya adalah anti padam, jika nantinya ada pemadaman bergilir, maka pelanggan prioritas tidak akan ikut padam,” ujarnya.

Kalaupun nantinya terdapat momentum yang menyebabkan ikut padam, maka pihak PLN akan memberikan kompensasi. Selain itu, ketika sudah normal, maka pelanggan prioritas akan mendapatkan layanan pertama.

Dijelaskan, saat ini di Jawa Tengah dan DIY sudah ada 47 pelanggan dengan total daya sebesar 227,3 MVA, mulai dari pemerintahan, PDAM, Rumah Sakit, hotel, mall, refinery, maupun pemerintah daerah sudah memanfaatkan layanan prioritas tersebut. (Otu)

PLN

BERITA REKOMENDASI