Hoaks Terkait Corona, Pemilik Toko di Purbalingga Ini Merasa Dirugikan

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Berita terkait enam warga Purbalingga yang baru pulang dari kunjungan wisata ke luar negeri memakan korban. Di sejumlah whatsapp group (WA), konten berita diplintir dengan mendiskreditkan sejumlah warga di Purbalingga. Dalam WA itu disebutkan dengan vulgar enam orang itu sebagai pemilik Toko Dewi, Virgo, Kompo dan Ragil Wangi.

“Beredar informasi di banyak grup WA (Whatsapp), katanya saya bersama keluarga baru pulang dari Italia dan positif tertular virus corona,” tutur David Susanto, Minggu (15/3/2020) malam.

Dengan nada kesal, pemilik Toko Kelontong Ragil Wangi itu menunjukkan tampilan chat dalam WA berisi peringatan agar tidak mengunjungi Toko Ragil Wangi. Kendati informasi hoaks itu tidak mempengaruhi omset tokonya, David merasa dirugikan secara moril.

“Saya tegaskan, informasi itu tidak benar,” ujar David.

Sehari sebelumnya, sejumlah media mainstream memberitakan enam warga Purbalingga yang bepergian ke luar negeri. Terdiri dua orang ke Italia, dua orang ke Jepang dan dua lainnya ke Spanyol.

Setelah kembali ke Purbalingga, mereka bersikap kooperatif dengan melapor ke Puskesmas di Purbalingga. Pemeriksaan oleh tim medis menunjukkan warga itu dalam kondisi sehat dan suhu tubuh dibawah 37 derajat.

Kendati dinyatakan sehat, mereka diminta tidak keluar selama 14 hari. Mereka dengan sukarela bersedia melakukan karantina mandiri. (Rus)

BERITA REKOMENDASI