Hujan Deras, Banjir dan Longsor di Banyumas, Jalur KA Terganggu

Editor: KRjogja/Gus

BANYUMAS,KRJOGJA.com – Banjir bandang dan longsor Kamis (29/10/202) dini hari terjadi Desa Kalisalak, Kebasen, Kabupaten Banyumas. Bencana itu terjadi setelah Rabu (21/10) malam wilayah Banyumas diguyur hujan lebat.

Di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, banjir bandang yang membawa berbagai material pohon dan lumpur hingga meluap dari Sungai Lebeng. Meluapnya Sungai Lebeng yang mengalir di desa tersebut menggenangi jalan dan rumah warga yang berada di tepi sungai. Selain itu, banjir juga ada rumah warga terkena terkena material tanah.

Informasi dihimpun KR di lokasi kejadian, banjar bandang setinggi dada orang dewasa membawa lumpur sekitar pukul 24.00 WIB malam sampai jam 03.00 WIB, masuk semua ke rumah warga.

Kemudian di Dusun Karangbandar, Desa Kalisalak rumah warga Kartum (43) jebol setelah tertimpa material longsor dari tebing setinggi 14 meter.

“Saat kejadian Kebetulan saya dan istri sedang tidur di kamar belakang, begitu ada air masuk kedalam rumah saya langsung bangunin istri saya, belum ada satu menit keluar kamar, langsung bruk, temboknya langsung roboh, tembok kamar dua duanya,” kata Kartum.

Jamaludin, Perangkat Desa Kalisalak, menjelaskan hujan deras dimulai sekitar pukul 17.30 WIB sampai dinihari tidak berhenti.

Derasnya hujan mengakibatkan. Sungai Lebeng yang melintasi tiga RW meluap dan debit airnya cukup besar sampai arusnya tidak bisa ditampung oleh sungai. Meluapnya air Sungai Lebeng sampai ke jalan raya dan ke rumah pemungkiman warga, setinggi 1 meter.

BERITA REKOMENDASI