Hujan Ekstrim Melanda, Sejumlah Tebing di Cilacap Barat Longsor

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Hujan ekstrem yang mengguyur wilayah barat Kabupaten Cilacap telah menimbulkan terjadinya tanah longsor pada sejumlah tempat di Desa Pamulihan Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap, Selasa (15/03/2022). Akibat kejadian tersebut menyebabkan tiga ruah milik warga setempat mengalami rusak-rusak tertimpa longsora tanah. Peristiwa tanah longsor terjadi di Dusun Cirebah Desa Pamulihan Kecamatan Karangpucung, merupakan salah satu Dusun dengan perumahan padat penduduk.

Akibat tingginya curah hujan di wilayah itu menyebabkan turap atau tebing rumah Marwoto (38) mengalami longsor dan material longsor menimpa rumah milik Daryono yang berada dibawahnya dan mengalami rusak-rusak. Longsornya turap tersebut mengakibatkan pula rumah milik Marwoto yang dihuni satu KK dengan 5 jiwa terancam terbawa longsor.

Tebing longsor juga terjadi sekitar Lapangan Desa (Depok) Dusun Pamulihan RT 01 RW 02 Desa Pamulihan, Karangpucung, yang menyebabkan rumah Tamiharjo (60) yang dihuni satu KK dengan 2 jiwa mengalami retak pada bagian Dapur dan atapnya, dengan panjang 4 meter dan lebar 4 meter.

Kepala Pelaksana BPBD Cilacap, Wijonardi mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut petugas UPT BPBD Majenang bersama warga, Pemdes Pamulihan, TNI dan Polri Karangpucung melaksanakan kerja bakti menyingkirkan longsoran material dengan peralatan seadanya. (Otu)

BERITA REKOMENDASI