Hutan Gunung Plana di Purbalingga Terbakar

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Kebakaran hutan beruntun melanda wilayah Purbalingga. Setelah pekan lalu kawasan hutan pinus di  Gunung Slamet terbakar, giliran hutan pinus di kawasan Gunung Plana di Dusun Balong, Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar Purbalingga dilalap api, Rabu (18/9/2019). Areal hutan itu merupakan punggungan bukit yang menyambung dengan lereng timur Gunung Slamet.

“Lahan yang terbakar seluas 2,5 hektare,” tutur Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga Umar Fauzi.

Tidak kurang dari 100 personel gabungan diterjunkan untuk memadamkan api. Terdiri dari petugas BPBD, TNI, Polri, PMI, Masyarakat, Banser, Ubaloka dan petugas dari dinas terkait lainnya. 

Sebagian besar api sudah bisa dipadamkan. Tapi hingga menjelang gelap, masih terdapat beberapa titik api. Terutama yang membakar tunggak pohon pinus yang berminyak. Sementara  petugas berusaha melokalisir titik api tersebut.

"Lokasinya sangat sulit dijangkau. Sementara kami turun dulu untuk istirahat dan menjalankan ibadah shalat maghrib," ujarnya.

Lokasi di sekitar api sudah disterilkan. Warga yang sedang berada di hutan tersebut sudah dievakuasi. Mengenai penyebab kebakaran masih belum diketahui secara pasti.(Rus)

BERITA REKOMENDASI