Hutan Pinus Gunung Slamet Terbakar

PURBALINGGA, KRJOGJA.com- Kebakaran melanda sedikitnya 1 hektare kawasan hutan pinus di lereng timur Gunung Slamet, Rabu siang (11/9/2019). Lokasi yang sulit dijangkau dan tidak adanya air membuat ratusan orang dari tim gabungan harus bekerja ekstra keras untuk memadamkan api.

"Kami berjuang memadamkan api dengan memukulkan ranting dan mengurug dengan tanah," tutur kader Taruna Tanggap Bencana Purbalingga (Tagana) Purbalingga, suyatno karsum, Rabu  (11/9/2019).

Suyatno menambahkan, lokasi hutan pinus yang terbakar berada sekitar 200 meter sebelah selatan jalur pendakian Gunung Slamet dari Pos Bambangan, atau sekitar 1 kilometer dari jalur pendakian gunung Slamet dari Pos Gunung Malang.

"Dari kebun warga hanya 300 meter," ujar Suyatno.

Upaya pemadaman api melibat ratusan personel dari Tagana, SAR, Aremba dan Purbalingga Reaksi Cepat (PRC), serta warga Dusun Bambangan Desa Kutabawa dan Dusun Gunungmalang Desa Serang Kecamatan Karangreja. Tindakan pemadaman dibagi menjadi 4 sektor. Masing-maing sektor ditangani 25 personel. Selepas tengah hari api berhasil dipadamkan seluruhnya.  (Rus)

BERITA REKOMENDASI