Jaksa Agung Terima Gelar Profesor Hukum Pidana Dari Unsoed

Editor: Agus Sigit

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah akan memberikan gelar Profesor Hukum Pidana kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin. Pengukuhan gelar Profesor tersebut rencananya akan dilaksanakan secara Hibrid di Auditorium Graha Widyatama Unsoed pada Jumat 10 September 2021 mendatang.

Guru besar Fakultas Hukum Unsoed Prof Hibnu Nugroho, saat dihubungi, Selasa (7/9/2021) menjelaskan salah satu alasannya pemberian gelar profesor diperaturan pemerintah di Kemenristekdikti itu memperbolehkan, aturan rujukan pengangkatan permenristekdikti membolehkan.

“Kemudian alasan praktisnya bahwa beliau selama ini adalah dosen luar biasa Fakultas Hukum Unsoed,” kata guru besar Unsoed, Prof Hibnu Nugroho.

Sedang alasan lainya yakni keilmuan yang menjadikan ST Burhanuddin layak mendapatkan gelar Profesor Kehormatan dari Unsoed. Salah satunya, inovasi dalam penerapan restorative justice (RJ).

Menurutnya keilmuan, Pak Burhanuddin mempunyai keilmuan yang luar biasa dalam penerapan restorative justice. Jika RJ diterapkan maka kedepannya dapat mengurangi over kapasitas di lembaga pemasyarakatan (LP) yang ada di Indonesia. Setidaknya hingga saat ini jaksa agung sudah memberikan RJ sekitar 320 perkara dengan penyelesaian mediasi.

Hibnu, menambahkan jika kewenangan penerapan 10 persen saja dari perkara RJ, maka sudah dapat mengurangi banyak over kapasitas di Lembaga Pemasyarakatan yang ada di Indonesia, dan akan membantu pemerintah dalam pengurangan penghuni di Lembaga Pemasyarakatan. (Dri)

 

BERITA REKOMENDASI