Jalan Sumbang – Limpakuwus Rusak Parah Mirip Sungai Kering

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Sudah hampir dua tahun sejak tahun 2019 Jalan milik Provins Jawa Tengah ruas Sumbang hingga Limpakuwus Kabupaten Banyumas atau Jalan Baturraden Timur kondisinya rusak parah seperti sungai kering. Kerusakan paling parah terjadi di lokasi di Desa Sikapat Kecamatan Sumbang dimana semua aspal sudah mengelupas hanya tertinggal batu seperti sungai.

Kerusakan jalan tersebut terjadi sejak 2019 lalu hinga saat ini belum ada perbaikan. Jalan tersebut merupakan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Sumbang dan kecamatan Baturraden. Karena begitu parahnya jalan itu warga yang sering melintas di jalan tersebut menyebutnya seperti sungai kering.

Kepala Desa Sikapat, Kecamatam Sumbang, Banyumas Sunar Suchedi Jumat (29/01/2021) menjelaskan rusaknya jalan tersebut sudah terjadi sejak 2019 lalu. “Kami sudah memberitahukan pemerintah untuk diperbaiki. Karena keruskan sudah sejak 2019, terparah itu tahun 2020 kemarin,” ungkapnya.

Menurutnya kerusakan jalan akibat hujan deras yang terjadi di hingga pengikisan aspal jalan dan dilewati kendaraan berat yang membawa pasir. “Banyak warga yang mengeluh akibat kerusakan jalan. Kami dari pemerintah desa hanya bisa menyampaikan, pemerintah kabupaten dan provinsi,” kata Sunar.

Selain ruas jalan Sumbang – Limpakuwus kerusakan jalan milik Provinsi Jawa Tengah juga terjadi di Jalan Sunan Ampel Purwokerto tepanya ruas jalan antara Kelurahan Pabuaran Kecamatan Purwokerto Utara hingga Desa Tambaksogra Kecamatan Sumbang sepanjang sekitar dua kilometer sudah berlubang besar. Bahkan tidak sedikit pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan tunggal setelah masuk lubangan.

“Saya sempat masuk jalan berlubang hingga jatuh sepeda motor rusak dan mengalmi luka luka retak pada kaki,” Ny Oni warga Jalan Sunan Ampel. (Dri)

BERITA REKOMENDASI