Jalur Penghubung Selatan ke Pantura Lumpuh!

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Meningkatnya volume kendaraan arus balik menuju Jakarta dari jalur selatan menuju ke jalur pantura di jalur tengah atau penghubunga Ajibarang, Kabupaten Banyumas, hingga Bumiayu, Kabupaten Brebes membuat jalur tersebut Selasa (19/6/2018) malam macet total.

Kemacetan jalur penghubung itu membuat puluhan penumpang angkutan umum telatar, karena angkutan umum seperti bus tidak bisa beroperasi. Dari pantaun KRJogja.com kemacetan mulai terasa sejak Senin (18/6/2018) malam hingga Selasa (19/6/2018) malam. Hampir seluruh badan jalan antara Ajibarang hingga Bumiayu sudah dipenuhi kendaraan dari arah selatan menuju utara atau Brebes.

"Bus terpaksa tidak bisa jalan, padahal sudah banyak yang beli tiket," kata Romadon (50) salah satu agen bus jurusan Jakarta di Ajibarang. Keluhan yang sama juga diungkapkan oleh Warno (45) sopir bus jurusan Jakarta. "Kemacetan sangat berpengaruhi pendapatan," ungkapnya.

Untuk mengurangi kemacetan rekayasa lalu lintas diterapkan di jalur tengah Banyumas, Jawa Tengah penghubung antara jalur selatan ke arah tol Pejagan, Brebes.

"Rekayasa lalu lintas diterapkan karena jalur tengah khususnya antara Ajibarang, Banyumas hingga ke Bumiayu, Brebes mengalami kemacetan panjang. Kemacetan karena ada beberapa faktor di antaranya adalah pasar, jalur wisata dan pintu perlintasan kereta api," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Prasarana Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dinhub) Banyumas, R Hermawan.

Menurutnya Disnhub bersama Polres Banyumas telah memasang pengumuman di sejumlah titik pintu masuk wilayah Banyumas. Kemudian arus kendaraan dari kota-kota sebelah timur Banyumas seperti dari Yogya,Purworejo dan Kebumen, dialihkan ke jalur selatan lewat Bandung yang mau ke Jakarta. Sedangkan dari Banjarnegara, Purbalingga dan Purwokerto dialihkan melalui jalur Purbalingga dan nantinya bisa masuk ke tol Brebes Timur. Pengalian arus kendaraan dilakukan lantaran jalur tengah yang melalui jalur tol Pejagan sudah penuh kendaraan.

Rambu peringatan dan petunjuk dipasang dipersimpangan jalan di Buntu, Rawalo, Ajibarang, Wangon dan Purwokerto. “Jika ada kendaraan dari arah timur yang telah sampai ke Ajibarang, maka diimbau untuk balik lagi ke Purbalingga. Sebab, kendaraan yang ada di Ajibarang hingga Bumiayu telah menumpuk. Hal ini karena kendaraan tersendat di beberapa titik di antaranya di Pasar Petuguran dan pertigasn ke arah Waduk Penjalin serta perlintasan KA di Brebes,” pintanya.

Sebelumnya, pada Senin malam, Polres Banyumas telah menerapkan contraflow di jalur Ajibarang hingga perbatasan Banyumas -Brebes, mengingat arus balik yang padat dan jalannya sempit.(Dri)

BERITA REKOMENDASI