Jelang Idul Adha, Hewan Kurban Diawasi Ketat

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Menjelang Hari Raya Idhul Adha, Dinas Pertanian Purbalingga melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak yang diperjualbelikan di pasar hewan. Petugas medis dan veteriner peternakan akan memberikan pelayanan berupa pemberian obat cacing dan vitamin untuk ternak.

“Kebijakan itu agar penyembelihan hewan qurban dapat dilaksanakan sesuai ketentuan syariah agama dan menjaga agar seluruh kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19,” tutur Kepala Dinas Pertanian Purbalingga, Mukodam saat dihubungi, Senin siang (29/6/2020).

Pengawasan dan pemeriksaan kesehatan serta pelayanan pengobatan juga dilakukan terhadap hewan ternak yang dipelihara peternak, baik kelompok maupun perorangan di Purbalingga. Pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak dilakukan agar hewan ternak tetap sehat, tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga pada saatnya dijual dapat memberi keuntungan kepada para peternak dan menghasilkan daging yang sehat.

Saat mendekati hari raya Idul Adha, pemeriksaan di pasar-pasar hewan akan lebih intensif dengan menerjunkan petugas lebih banyak. Karena jumlah hewan yang diperjualbelikan juga semakin banyak.

“Petugas medis dan veteriner juga akan mengawasi langsung saat penyembelihan hewan qurban, memeriksa daging hewan qurban, terutama dari parasit cacing termasuk cacing hati,” ujar Mukodam.

Daging atau hati hewan yang terdapat cacing didalamnya, akan dimusnahkan agar tidak dikonsumsi oleh manusia. Pemeriksaan dan pengawasan ini dilakukan selama masa penyembelihan hewan qurban ke seluruh wilayah Purbalingga secara marathon.

“Petugas berbagi wilayah di tiap tiap desa dan kelurahan,” ujar Mujodam. (Rus)

BERITA REKOMENDASI