Jelang Pulang, Warga Binaan Rutan Ikuti Pelatihan Kerja

Editor: Ivan Aditya

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Mendekati pulang kembali ke tengah masyarakat, sebanyak 38 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) rumah tahanan negara (Rutan) Kelas II B Banjarnegara mengikuti pelatihan kerja usaha ekonomi produktif. Pelatihan digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional (Basnas) Kabupaten Banjarnegara dengan menggandeng Dinas Tenaga Kerja. Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Baznas Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo di aula Rutan, Kamis (08/04/2021).

Kepala Rutan Kelas II B Banjarnegara, Karyono, mengatakan, ke-38 peserta mengikuti salah satu jenis pelatihan sesuai minat mereka, yakni pangkas rambut, pembuatan tempe, pembuatan pakan ikan dan las listrik/karbit. Pelatihan berlangsung beberapa hari dengan tenaga pelatih orang-orang sudah sukses bergelut di bidangnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Baznas dan Dinas Tenaga Kerja karena peduli memberikan pelatihan kepada WBP untuk meningkatkan keahlian,” ujar Kayono.

Menurut Karyono, ilmu yang diperoleh para WBP akan sangat bermanfaat untuk mencari nafkah dan meningkatkan ekonomi keluarga. “Kami berharap, mereka menularkan ilmunya kepada masyarakat,” kata Karyono pula.

Ketua Baznas Banjarnegara, Sutedjo, menyatakan, pihaknya tidak sekedar memberiakan ilmu, namun juga memberikan peralatan. “Kami minta agar benar-benar dimanfaatkan dan dipraktikkan. Kami akan memonitor, apakah kegiatan ini efektif. Jika efektif, kami akan memberikan menggelar lagi pelatihan dan memberikan alat,” ujar mantan bupati Banjarnegara itu. (Mad)

BERITA REKOMENDASI