Jelang Ramadan Owabong Bersihkan Lima “Tuk”

Editor: Ary B Prass

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Puluhan karyawan Perusahaan Daerah (Perusda) Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) membersihkan 5 “tuk” (sumber air), Jumat (1/4/2022).

Masing-masing tuk Banyumudal, tuk Cidandang, tuk Cikupel, tuk Watu Kambang, tuk Cipawon dan tuk Cidomas. Dengan berbusana adat Jawa, puluhan karyawan itu nyemplung ke kolam-kolam sumber air tersebut dan membersihkan sampah serta kotoran.

“Ini kegiatan rutin kami setiap menjelang bulan suci Ramadan,” tutur Plt Dirut Owabong, Eko Susilo.

Ritual membersihkan dan merawat sumber air aebagai upaya memelihara budaya lokal setempat yang ada sejak dulu. Kegiatan itu sudah menjadi agenda rutin tahunan dari manajemen Owabong. Hanya saja, lanjut Eko, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, ritual membersihkan sumber air itu dilaksanakan inter dan sederhana.

“Bersih sumber air menjadi simbol upaya membersihkan hati. Sumber atau air itu untuk membersihkan badan kita. Dan yang paling utama sebenarnya membersihkan rohani kita,” ujarnya.

Menurut Eko, di sekitar lokasi Owabong terdapat sedikitnya tujuh mata air. Lima tuk yang dibersihkan itu berada di dalam kompleks Owabong dan merupakan pemasok utama air kolam di obyek wisata air tersebut.

Selain itu secara fisiknya, sumber mata air dibersihkan dari kemungkinan adanya mata air atau lubang yang tertutup sampah daun dan lainnya. Sehingga airnya tidak tersumbat dan keluar kembali dengan lancar.

Setelah pembacaan doa oleh Susmadi, tokoh agama dan masyarakat setempat, seluruh karyawan menikmati nasi tumpeng.  (Rus)

  

BERITA REKOMENDASI