Jembatan Cikawung Cilacap Runtuh

Editor: Ivan Aditya

CILACAP (KRjogja.com) – Jembatan sungai Cikawung di Dusun Jambuluwuk Desa Cibalung Kecamatan Cimanggu, Cilacap yang menghubungkan Kota Kecamatan dengan wilayah utara Cimanggu runtuh atau ambruk akibat salah pondasi sisi jembatan tergerus luapan aliran sungai Cikawung, Selasa (06/12/2016) malam. Runtuhnya jembatan tersebut menyebabkan sejumlah desa di wilayah utara Cimanggu terisolir.

"Sebenarnya desa-desa itu tidak terisolir, karena untuk ke arah Kota Kecamatan warga bisa melalui Negara Jati-Cileumeuh. Hanya saja jalan di daerah itu banyak yang ambles akibat pergeseran tanah menjadi sulit ditempuh dan harus memutar jauh," ujar Camat Cimanggu Budi Haryanto.

Dijelaskan, runtuhnya jembatan Cikawung di cibalung itu merupakan yang terparah, karena peristiwa sejenis terjadi pada 24 Februari lalu. Hanya saja, saat itu bangunan jembatan tidak sampai runtuh kendati salah satum pondasi jembatannya tergerus aliran luapan aliran Sungai Cikawung. Sehingga pondasi yang tergerus aliran sungai itu bisa ditutup kembali dengan sirtu dan arus lalu lintas menjadi normal kembali.

"Kondisi sekarang Jembatan sungai cikawung di Dusun Jambuluwuk Desa Cibalung kec Cimanggu yg menghubungkan Cibalung – Cisalak pada jalan kabupaten runtuh karena pondasi tergerus air, sehingga jembatan tdk bisa dilewati kendaraan apapun," katanya. (Mak)

BERITA REKOMENDASI