Jembatan Wirasana – Kalikajar Gagal Dibangun

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan Kelurahan Wirasana Kecamatan Purbalingga dengan Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang gagal direalisasikan tahun ini. Dana bantuan keuangan Provinsi kepada kabupaten/ kota tidak menyediakan anggaran untuk pembangunan jembatan tersebut. Padahal, Pj Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko menjanjikan anggaran yang lebih populer disebut dana Bangub (Bantuan Gubernur) direalisasikan pada 2019.

"Pembangunan jembatan  Wirasana-Kalikajar tetap akan direalisasikan. Tapi menggunakan dana APBD 2020," tutur Plt Bupati  Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), usai memimpin acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Purbalingga, di Pendapa Dipokusumo, Kamis siang (28/3/2019).

Tiwi yang didampingi Asisten 3 Sekda bidang administrasi umum Tri Gunawan menegaskan, pembangunan jembatan itu sudah terakomodasi dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKP) Purbalingga 2020. Alokasi anggarannya pun sama persis dengan rencana awal, yakni Rp 20 miliar.

Tiwi menilai jembatan itu sangat strategis. Jembatan itu akan mengurai kemacetan lalu-lintas dalam kota, misalnya saat ada acara pawai yang menimbulkan konsentrasi warga di pusat kota. "Jembatan itu juga bisa shortcut (pintasan) mobilitas dari wilayah timur ke utara sehingga tidak perlu memutar ke kota," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Mei 2018 Heru Sudjatmoko yang tengah Plt Gubernur Jateng menjanjikan anggaran Bangub Rp 20 miliar untuk pembangunan tersebut pada 2019. Heru juga sempat meninjau lokasi tersebut.

Tanpa alasan yang jelas, Pemprov Jateng yang dipimpin pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yazin Maemun menghapus rancangan alokasi anggaran itu. Walhasil, bisa dipastikan jembatan itu tidak akan dibangun tahun ini. (Rus)

BERITA REKOMENDASI