KA Wijayakusuma Rute Cilacap-Banyuwangi Diluncurkan

Editor: KRjogja/Gus

CILACAP, KRjogja.com – Kereta Api (KA) Wijayakusuma dengan rute atau relasi Cilacap-Banyuwangi resmi beroperasi,  mulai Sabtu (1/9). Peluncuran perdana KA tersebut dilakukan Kepala Daerah Operasi (Kadaop) V Purwokerto, Mohamad  Nurul Huda Dwi Santoso di Stasiun KA Cilacap, Sabtu (1/9).

Sebenarnya, KA Wijayakusuma Relasi Cilacap-Banyuwangi merupakan perpanjangan dari KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Yogya-Solo yang ada selama ini. Dengan diperpanjangnya rute KA tersebut maka masyarakat memiliki pilihan untuk menuju Kota Jombang, Surabaya, Jember dan Banyuwangi dari kota-kota di wilayah Jawa Tengah.

"Paling tidak akan menggairahkan pariwisata di Cilacap, maupun Banyuwangi, disamping meningkatkan perekonomian di Wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur,"ujar Purwokerto, Mohamad  Nurul Huda Dwi Santoso.

Menurutnya, perpanjangan relasi KA Wijayakusuma itu juga dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat." Karena pada KA ini ada empat rangkaian eksekutif," lanjutnya.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman, mengatakan keberadaan KA Wijayakusuma relasi Cilacap Banyuwangi semakin memudahkan transportasi untuk menjangkau kedua wilayah itu. Apalagi transportasi jenis KA lebih cepat dibanding transportasi darat lainnya.
"Untuk jadwal perjalanan KA Wijaya Kusuma, berangkat dari stasiun Cilacap 14.10, Kutoarjo (17.14) Yogya (18.09), Solo (19.05), Madiun (21.24), jombang (22.57), Surabaya gubeng (23.59), Jember (04.10) dan Banyuwangi 07.02

Sedang berangkat Banyuwangi pukul 11.05, Jember (13.40), Surabaya gubeng (18.05), Jombang (19.49), Madiun (21.28), Solo balapan (22.52), Yogyakarta (23.47), Kutoarjo (00.49), dan masuk stasiun cilacap 04.42

PT KAI tetap mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan KA serta penumpang dan barang yang diangkutnya", ujar Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto. (Otu).

BERITA REKOMENDASI