Kakek Tewas Terpanggang

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Peristiwa kebakaran terjadi pada sebuah rumah milik warga Jalan Kebon Nanas RT.03/RW.03 Desa Kesugihan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, Rabu (28/04/2021). Dalam kejadian tersebut kakek Kudrat (71) pemilik rumah ditemukan tewas terpanggang.

“Saat itu kami tertidur di kamar depan, sedang Kakek Kudrat di kamar belakang,” ujar kerabat korban, Laeli (20).

Mendadak lampu listrik mati, sehingga Laeli terbangun dan berusaha mencari tahu apa yang terjadi dengan matinya listrik di rumahnya. Sesaat di bagian belakang rumah melihat banyak asap keluar dari kamar yang dihuni Kakek Kudrat dan dalam hitungan detik terus membesar, sehingga Laeli berteriak meminta tolong ada kebakaran di rumahnya.

Kustono (40) dan Waris (50) tetangga korban yang terjaga dengan teriakan Laeli, segera beranjak masuk rumah korban dan berusaha memadamkan api yang membakar kamar korban dengan peralatan seadanya. Kemudian sejumlah warga setempat juga berupaya membantu memadamkan api. “Sekitar setengah jam api yang membakar kamar korban berhasil dipadamkan,” ujar Kustono.

Kemudian mereka mengecek korban yang terjebak didalam kamar dan diketahui telah tewas dengan kondisi tubahnya hangus terbakar. Menurut Kepala UPT Damkar Satpol PP Cilacap, Supriyadi, sesuai keterangan keluarga korban, jika sehari-harinya korban berada di kamar, karena sudah renta dan mengalami kebutaan.

Diperkiraan usai merokok korban membuang sisa puntung rokoknya di kasur, sehingga membuat api puntuk rokok menjadi menyala dan membakar kasur dan dan membuang puntung rokok menyala dan menyulur kasur yang ditempat korban. Api yang membakar kasur itu semakin membesar dan membakar barang-barang yang ada di sekilingnya.

Dimungkinkan korban terjebak di dalam kamar karena tidak tahu keluar untuk menghindari api yang membakar kamarnya, sehingga tubuhnya korban pun ikut hangus terbakar. “Saat api sudah padam, warga mendapati korban sudah meninggal dengan kondisi tubuhn korban hangus terbakar,” lanjutnya. (Otu)

BERITA REKOMENDASI