Kapal Diterjang Badai, Empat Awak Selamat

Editor: Ivan Aditya

CILACAP (KRjogja.com) – Kapal Comreng PM 3 milik nelayan tenggelam di perairan laut selatan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) akibat dihantam badai, Jumat (09/09/2016). Nakhoda kapal serta tiga anak buah kapal (ABK) berhasil selamat setelah menceburkan diri ke laut.

Saat peristiwa, Paiman (Nakhoda kapal), Maryanto, Miran dan Tembel seluruhnya warga Jalan Kolonel Sugiono Kelurahan Cilacap, Cilacap Selatan tengah berlayar di pantas selatan. Saat itu tiba-tiba gelombang tinggi datang menerjang kapal.

Kapal langsung terbalik dan mereka langsung terjun ke laut. Sesaat setelah kejadian melintas kapal tanker Orient Star yang hendak menuju pelabuhan Cilacap dan mereka ditolong untuk dibawa ke ke Dermaga Khusus BBM Area 70 Pertamina RU Iv Cilacap.

"Keempat awak kapal comreng PM 3 itu langsung diserahkan pengurus HNSI dan selanjutnya diserahklan kepada keluarganya," ujar Komandan Tim Penolong Kecelakaan Laut (TPKL) Cilacap Woyo.

Pengamat Cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, pada Jumat (09/09/2016), tinggi gelombang di perairan Samudera Hindia Selatan Jateng berkisar antara 2,5 – 4 meter. Kondisi ini sangat membahayakan pelayaran rakyat, terutama kapal-kapal perikanan.

“Secara umum kondisi cuaca di perairan laut tersebut dalam keadaan berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan. Angin permukaan bertiup dari arah tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 – 25 knots,” jelasnya. (Mak)

BERITA REKOMENDASI