Kasus Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Menurun

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Meski kasus kecelakaan terus menurun, namun PT KAI Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah terus melakukan sosialisasi keselamatan perlintasan sebidang. Kasus kecelakaan di perlintasan sebidang tahun ini berkurang dibanding tahun lalu sebanyak 29 kasus dengan jumlah korban meninggal dunia lima orang.

Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat, Rabu (3/11/2021) disela sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang JPL nomor 382, Kaliwangi, Kabupaten Banyumas mengatakan, dalam tiga tahun terus menurun. “Hingga awal November tercatat 29 kali kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia satu orang. Mudah-mudahan sampai akhir tahun yang tinggal dua bulan lagi tidak terjadi kecelakaan,” kata Daniel.

Sebagai upaya untuk meningkatkan faktor keselamatan PT KAI terus melakukan koordinasi dengan DJKA Kemenhub dan pemkab terkait penutupan sejumlah perlintasan sebidang. Saat ini pemerintah juga secara bertahap membangun fasilitas flyover ataupun underpass di sejumlah titik untuk meminimalisasi kecelakaan lalulintas di perlintasan sebidang.

Saat ini total perlintasan sebidang di wilayah Daop 5 Purwokerto sebanyak 195. Rinciannya 109 perlintasan terjaga dan 86 lainnya tidak terjaga.

Untuk menekan kasus kecelakaan, PT KAI Daop 5 tahun ini telah menutup 21 perlintasan sebidang liar. Kepada masyarakat ia meminta untuk lebih disiplin dalam berlalu lintas, dan memahami juga fungsi perlintasan, sehingga kecelakaan bisa diantisipasi. (Dri)

BERITA REKOMENDASI