Kasus Koperasi Gotong Royong, Komisi 1 DPRD Banyumas Cek Tanah Tukar Guling

Editor: Agus Sigit

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Komisi I DPRD Banyumas, Jawa Tengah yang membidangi pemerintahan, hukum, dan aset, Senin (23/5/2022) melakukan inspeksi mengecek aset Pemkab Banyumas berupa tanah pengganti tukar guling perumahan Pemda yang dibangun oleh pengembang Koperasi Gotong Royong.
Inspeksi yang dipimpin Ketua Komisi I, Sardi Susanto SPt bersama anggota mengecek tanah aset milik Pemkab Banyumas di Desa Petir, Kecamatan Kalibagor.
Di Desa Petir, ada beberapa bidang dengan luasan yang bervariatif dari tanah pengganti eks bengkok Kelurahan Kober, dan Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat.
” Setelah kami cek tanah aset berada didalam  tidak  ada akses jalan dan semuanya belum bersertifikat,” kata Sardi Susanto.
Menurutnya dengan melihat kondisi di lapangan, Pemkab Banyumas sudah kecolongan karena tanah Pemkab Banyumas di Kelurahan Kober dan Pasir Kidul berada di tengah kota dengan harga yang mahal.
Sementara tanah penggantinya berada di pelosok tanpa akses jalan.  ” Nilai harganya sangat beda, dengan tanah yang di pakai Koperasi Gotong Royong untuk dijadikan perumahan,” tambah Sardi.
Berkaitan dengan kondisi itu, komisi I, DPRD Banyumas mendorong penegak hukum yakni Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto yang sedang melakukan pengusutan, untuk mengusut tuntas kasus ini, dan siapa aktornya.

BERITA REKOMENDASI