Kasus Korupsi Pertamina Region IV Marine Disidangkan Minggu Depan

Editor: KRjogja/Gus

CILACAP, KRJOGJA.com – Terdorong ingin hidup memperkaya diri sendiri, sehingga bisa hidup dengan berfoya-foya, PA mantan Senior Supervisor Marine Administrator di Pertamina Region IV Marine, nekad menggerogoti dana pemasukan dari pembayaran jasa handling muatan, jasa labuh, jasa navigasi ke KSOP dan lainnya senilai Rp 4,17 milyar lebih. Hal itu terungkap dari hasil pemeriksaan terhadap PA yang ditangkap Kejaksaan Negeri Cilacap, pada 4 Agustus lalu.

Guna mengungkap kasus korupsi tersebut, Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilacap telah memanggil sekitar 10 saksi, yang sebagian besar karyawan Pertamina Region IV Marine itu dan meminta bantuan BPK untuk memeriksa nilai kerugian akibat perbuatan PA itu.

“Hari ini kita melimpahkan berkas perkara dengan tersangka PA yang diduga melakukan tindak pidana korupsi penyimpangan dalam penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran atau dana jasa pelabuhan tahun 2018 di PT Pertamina Region IV Marine ke Pengadilan Negeri Tipikor Semarang, dengan kerugian sekitar Rp 4.17 juta lebih,”ujar Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Cilacap D Purnama, Jumat(06/11/2020).

Menurutnya, dengan adanya pelimpahan berkas perkara korupsi tersebut, maka kewenangan tersangka akan tetap ditahan di rumah tahanan atau tidak menjadi kewenangan PN Tipikor Semarang. Sedang sidang perkara korupsi tersebut dijadwalkan digelar sidang pada Minggu depan oleh PN Tipikor Semarang.“Biasanya dijadwalkan satu minggu, jika dilimpahkan hari Jumat, bisa saja sidang pada hari Kamis atau Senin,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI