Katasapa dan HKM Lolos Program Fasilitasi Bidang Kebudayaan Kemendikbud

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Dua komunitas seni dari Purbalingga lolos Program Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Masing-masing Komunitas Teater Sastra Perwira (Katasapa) dan Harmoni Kerontjong Moeda (HKM).

Bersama 127 penerima lainnya, kedua komunitas itu lolos setelah harus bersaing dengan 2.032 proposal dari seluruh wilayah Indonesia yang masuk ke Kemendikbud.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses seleksi dan verifikasi, kami lolos program FBK. Awal pekan lalu, kami diundang untuk lokakarya di Jakarta terkait program tersebut,” tutur Ketua Katasapa Purbalingga, Ryan Rachman, Senin (12/10/2020).

Pada program itu, lanjut Ryan, Katasapa mengajukan program berupa workshop dan pentas teater. Karena dibanding bidang kesenian lainnya, teater di Purbalingga masih jauh tertinggal. Sehingga perlu pembinaan dan pengembangan agar seni teater bisa semakin maju.

“Karena itu dibutuhkan bekal pelatihan atau workshop teater dan juga ekspresi pentas. Dengan mengangkat budaya dan muatan lokal yang akan dipentaskan sebagai hasil workshop dan pendampingan semakin memperkuat ketahanan dan pelestarian budaya daerah sebagai bagian dari kebudayaan nasional,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI