Kejari Mulai Periksa Dugaan Korupsi Kecamatan Purbalingga

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Purbalingga memeriksa empat saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi di kantor Kecamatan Purbalingga, Selasa (23/3). Empat saksi tersebut, masing-masing K selaku Kepala Seksi Pemerintahan, Ketertiban, dan Ketentraman Umum tahun 2013-2019, R selaku Kepala Seksi Kesra Agustus-Desember 2019, YS selaku staff Kecamatan Purbalingga dan BNA tenaga harian lepas di kantor kecamatan Purbalingga.

“Pemeriksaan saksi dilakukan untuk mencari fakta hukum dan mengumpulkan alat bukti tentang tindak pidana korupsi yang terjadi di Kecamatan Purbalingga,” tutur Kepala Seksi Intelijen Kejari Purbalingga, Indra Gunawan SH, dalam siara pers yang diterima KR Selasa malam (23/3/2021).

Empat saksi itu diperiksa dari pukul 9.00 hingga pukul 15.00. Jaksa penyidik mengorek keterangan terkait pengadaan barang-barang kantor dan anggaran operasional.

Sehari sebelumnya, jaksa penyidik juga telah memeriksa empat saksi lainnya. Yakni TK selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tahun 2017 sampai 2020. K selaku Sekretaris Kecamatan Purbalingga saat ini. S selaku Bendahara Pengeluaran Kecamatan Purbalingga saat ini dan EA selaku Sekretaris Kecamatan Purbalingga dari April 2018 sampai Juli 2019.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Purbalingga Lalu Syaifudin telah menandatangani Surat Perintah Penyidikan terhadap kasus dugaan tindak pidana korupsi di lingkungan kantor kecamatan Purbalingga, Jumat (12/3). Korps baju coklat itu juga sudah melakukan penyelidikan dan gelar perkara. Dari penyelidikan yang ditindaklanjuti gelar perkara itu, penyelidik menemukan adanya tindak pidana korupsi dalam pengelolaan APBD di kantor kecamatan Purbalingga dari 2017 hingga 2020 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 334 Juta.

Pada Senin pekan lalu, tim Kejari melakukan penggeledahan di kantor dan rumah pribadi camat Purbalingga. Jaksa menyita sejumlah berkas terkait penggunaan anggaran dan laporan bendahara. (Rus)

BERITA REKOMENDASI